Sepeda Ontel 1960-an Ramaikan Pawai Tahun Baru Hijriah di Pontianak

Puluhan sepeda ontel ramaikan tahun baru hijriah di Pontianak
Sumber :

VIVA – Memeriahkan datangnya malam tahun baru 1 Muharram 1442 Hijriah, banyak cara yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. Di Kalimantan Barat, umat Islam merayakannya dengan pawai akbar dan ziarah ke makam Pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahaman Alkadrie.

Tak ketinggalan, komunitas sepeda ontel tahun 1960 merayakan datangnya tahun baru Islam dengan mengayuh sepeda dengan rute pawainya sendiri. Yaitu, dari Alun-Alun Kapuas keliling kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kami yang sudah berumur ini, ikut merayakan datangnya tahun baru Islam dengan mengayuh sepeda keliling kota Pontianak saja, Karena kalau ikut rute pawai (akbar) tidak mampu, karena cukup jauh," ucap Baharudin, perwakilan komunitas sepeda ontel kepada VIVA pada Kamis, 19 Agustus 2020.

Baca juga: Ribuan Umat Islam di Pontianak Pawai Sambut Tahun Baru Hijriah

Ia mengatakan, ada puluhan komunitas sepeda ontel yang ikut menyambut tahun baru Islam yang diselenggarakan oleh sejumlah elemen masyarakat dan organisasi islam.

"Jumlah sepeda ontel yang ikut malam ini ada sekitar 25 orang. Dan semuanya menggunakan sepeda tempo dulu,"ujarnya.

Pantauan VIVA di lapangan, sepeda ontel milik warga tersebut di bagian belakang dipasang umbul-umbul dan terdapat bendera merah putih.

Setelah sirene mobil polisi lalu lintas berbunyi, puluhan anggota komunitas sepeda ontel pun langsung mengayuh sepedanya menuju jalan Sungai Jawi dan Jalan Gajah Mada.