Dilaporkan Naik Heli Mewah, Nasib Firli Bahuri Ditentukan Pekan Depan

Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Persidangan dugaan pelanggaran kode etik Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Filri Bahuri akan dilanjut Selasa pekan depan, 15 September 2020. Dalam sidang dengan agenda putusan tersebut, Dewan Pengawas KPK akan menentukan nasib Firli.

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengatakan pihaknya sudah merampungkan pemeriksaan saksi dan terperiksa. Teranyar pada hari ini Dewas KPK melakukan pemeriksaan terhadap Firli selaku terperiksa.

"Sudah selesai, tinggal sidang putusan, selasa tanggal 15 september jam 11.00," kata Syamsuddin saat dikonfirmasi awak media, Selasa 8 September 2020.

Baca juga: Jalani Sidang Etik, Ketua KPK Firli Bahuri Lewat Pintu Belakang

Syamsuddin melanjutkan, sidang putusan akan dilaksanakan berbeda dengan sidang-sidang sebelumnya. Menurut dia, sidang dengan agenda menentukan nasib Filri akan digelar secara terbuka.

"Ya sidang putusan bersifat terbuka," ujarnya.

Pada perkara tersebut, Firli Bahuri dilapori Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) ke Dewas KPK karena diduga bergaya hidup mewah lantaran menaiki helikopter.

Firli naik helikopter mewah saat kunjungan ke Sumatera Selatan pada 20 Juni 2020. Saat itu, ia naik helikopter dari Palembang ke Baturaja pada 20 Juni lalu. (ren)