Pimpinan Paguyuban Tunggal Rahayu Klaim Anggotanya Lebih 13 Ribu Orang

Pimpinan Paguyuban Tunggal Rahayu saat diperiksa polisi.
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat (Garut)

VIVA – Cukup mengejutkan, pimpinan Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu, Mr. Prof. Ir. Cakraningrat alias Sutarman mengklaim jumlah anggotanya mencapai 13 ribu orang lebih. Dia menyebut bahwa anggotanya tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Sutarman, dirinya saat ini sebagai pimpinan pusat Ampera yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Dia juga mengklaim sebagai ketua konsorsium anak bangsa.

"Tugas pokoknya sebagai pimpinan pusat Ampera. Jadi anggota kami di seluruh Indonesia sudah mencapai 13 ribu orang lebih," ujar Sutarman saat memenuhi panggilan Polres Garut, Kamis 10 September 2020.

Baca juga: Bikin Ngakak, Cerita Pimpinan Tunggal Rahayu Bikin Uang Sendiri

Paguyuban Tunggal Rahayu sudah berdiri sejak awal 2018, dan tahun ini didaftarkan ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut. Sutarman menjelaskan, Paguyuban Tunggal Rahayu konsepnya organisasi perkumpulan bukan merupakan kerajaan atau negara.

"Jadi, saya ini sebagai konsorsium induk, bukan kerajaan karena Ampera itu perintisan. Sebelum NKRI, itu adalah Ampera," ungkap Sutarman.

Selama ini, lanjut Sutarman, pihaknya tidak melakukan rekrutmen anggota paguyuban termasuk meminta pungutan uang. Sutarman mengaku hanya membuatkan KTA (kartu tanda anggota) paguyuban hanya sebagai tanda keanggotaan.

"Untuk urusan keuangan, saya serahkan kepada pengurus lain," katanya. (art)