Jokowi: Dosen yang Baik Fasilitasi Mahasiswa Belajar dengan Siapa Saja

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan pada Dies Natalis 63 tahun Universitas Padjajaran, Jumat 11 September 2020. Pidato Jokowi itu dilangsungkan secara virtual.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara menyampaikan banyak hal, termasuk berbicara mengenai perkembangan teknologi digital di era kekinian. Menurut presiden, berbagai inovasi digital yang ada harusnya mendapat prioritas.

"Saat ini adalah awal abad digital. Berbagai riset dan pengembangan teknologi di bidang digital seharusnya memperoleh prioritas," kata Presiden Jokowi, Jumat 11 September 2020.

Baca juga: Jokowi: 215 Negara Hadapi Permasalahan Kesehatan, Sangat-sangat Rumit

Jokowi menjelaskan, teknologi digital yang belakangan mengembangkan analitik big data dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan, sudah menjadi pedoman untuk melakukan banyak hal. Ia menyebut, teknologi mampu membantu dalam pengembangan kemandirian pangan, energi hingga kewirausahaan UKM.

Maka sudah sewajarnya, perkembangan teknologi itu menjadi fokus juga dalam pendidikan. Perguruan tinggi harus bisa bergerak, berubah. Tidak hanya monoton pada model pembelajaran yang sudah menjadi rutinitas sejak dulu.

"Untuk itu kita tidak boleh terjebak dalam rutinitas," ujarnya.

Jokowi yakin, perguruan tinggi yang baik adalah perguruan tinggi yang mengadopsi konsep ekosistem merdeka belajar. Sudah saatnya, kata Kepala Negara, standar normalitas baru perlu diterapkan, terlebih di masa pandemi COVID-19.

"Sekarang inilah saatnya kita memperkenalkan standar normalitas baru dalam kehidupan profesionalitas kita. Dosen yang baik adalah dosen yang memfasilitasi mahasiswanya belajar dengan siapa saja, melalui media apa saja, dan dilakukan kapan saja," kata Presiden Jokowi. (ren)