Jenderal Gatot Ungkap Biaya Pengamanan Piala U-20 dan MotoGP Rp121 M

Komjen Pol Gatot Eddy Pramono
Sumber :
  • VIVAnews/Foe Peace Simbolon

VIVA – Dalam pengajuan penambahan anggaran untuk tahun anggaran 2021, Polri turut menganggarkan untuk kebutuhan pengamanan Piala Dunia U-20 dan MotoGP 2021. Padahal sampai saat ini belum dapat dipastikan bagaimana nasibnya dua event besar tersebut karena saat ini situasi di Tanah Air masih dalam pandemi Covid-19.

Tercatat dalam bahan paparan yang disampaikan oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy, untuk pengamanan Piala Dunia U-20 menghabiskan sekitar Rp 73 Miliar. Sedangkan untuk pengamanan MotoGP menghabiskan biaya sekitar Rp 48 miliar. Jika ditotal mencapai Rp121 miliar.

Baca juga: Polri Ajukan Tambahan Anggaran Rp19 Triliun untuk 2021

Terkait hal ini, Anggota Komisi III Supriansa, menyarankan agar anggaran tersebut dialihkan ke program lain yang lebih mendesak. Sebab pelaksanaan dua acara tersebut masih belum tahu akan jadi dilaksanakan atau tidak.

"Misalnya MotoGP, kalau tidak salah Rp 48 miliar. Menurut saya, karena ini juga belum terlaksana karena Covid-19 yang belum berujung, angka itu dapat dialihkan kepada program Polri yang mendesak," kata Supriansa, Senin.

Menurut Supriansa, saat ini kondisi Indonesia masih dalam Pandemi. Maka dari itu, dalam menentukan anggaran dapat dilakukan dengan baik."jadi seperti pengamanan Piala Dunia itu Rp 73 Miliar itu bisa jadi bahan pertimbangan untuk digeser," ujarnya

Terkait saran tersebut, Gatot mengatakan akan  tetap menganggarkannya, karena apabila dua acara tersebut dilakukan, semuanya sudah siap. Terlebih sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah untuk menunda agenda tersebut.

"Tetal kita rencanakan tentunya. Karena jangan sampai nanti kita tidak merencanakan tiba-tiba ini bisa berjalan," ujarnya.