Calon Wabup Barru Gugur Pilkada karena Narkoba, Pengganti Sudah Ada

Balon Bupati dan Wabup Barru Suardi dan Anzi Mirza
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) Muhammad Asram Jaya telah memastikan bakal calon Wakil Bupati Barru Andi Mirza Riogi  telah dicoret namanya karena dinyatakan tim dokter dalam tes kesehatan bahwa dia positif narkotika.

“Nama penggantinya sudah ada. Pengganti ini disodorkan langsung oleh partai pengusul ke KPU Barru,” ujar Asram soal pengganti bakal calon Wabup Barru itu kepada VIVA, Kamis, 17 September 2020.

Andi Mirza sedianya berpaket dengan kandidat petahana yakni Suardi Saleh. Gambar diri Suardi bersama dengan putra mantan Bupati Barru Andi Idris Syukur itu telah tersebar di sejumlah sudut di Kabupaten Barru yang jaraknya sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Baca juga: Ada Makam di Tengah Jalan di Kubu Raya, Orang Lewat Selalu Melihat

Asram menjelaskan, dalam tahapan pemeriksaan terhadap para kandidat  yang akan berkompetisi pada pilkada, dilakukan pemeriksaan dari sisi jasmani, rohani dan narkotika. Hal ini dilakukan dengan melibatkan tim independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) serta Badan Narkotika Nasiona  (BNN). Lokasi pemeriksaannya berada di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar.

“Jadi sama sekali tidak boleh ada data hasil pembanding dari rumah sakit lain selain Rumah Sakit Wahidin yang telah bekerja sama dengan KPU,” ujarnya.

Selain itu, Asram juga menyampaikan tentang status bakal calon Bupati Luwu Timur, Muhammad Tahar Rum, kandidat lainnya yang sampai sekarang belum menjalani pemeriksaan jasmani. Sebab, kondisi kesehatannya terganggu dan saat ini disebut tengah dirawat di Rumah Sakit Siloam Makassar.

Dia mengatakan, Muhammad Tahar masih memperoleh kesempatan kembali untuk menjalani tes jasmani. “Sudah diagendakan kembali oleh KPU Luwu Utara. Apalagi bakal calon ini sudah menjalani tes rohani dan tes narkotika sebelumnya,” kata Asram.