Napi Asal China Kabur dari Lapas Klas I Tangerang lewat Gorong-gorong

Lapas Klas I Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA – Pihak Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi terkait dengan kaburnya seorang narapidana asal China dari Lapas Klas I Tangerang.

Humas Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengatakan, hingga kini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut.

"Saat ini sedang dilakukan penyelidikan dan investigasi oleh Tim dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, inspektorat Jenderal Kemenkumham dan Kanwil Kemenkumham Banten," katanya, Jumat, 18 September 2020.

Baca juga: Heboh, Pemerintah Disebut Akan Hilangkan Pelajaran Sejarah

Narapidana atas nama Cai Changpan alias Cai Ji Fan berhasil melarikan diri melalui gorong-gorong yang tembus ke area luar lapas. Dia disebut menggali lubang yang terhubung dengan gorong-gorong itu. Cai merupakan napi dengan kasus narkotika yang telah divonis hukuman mati sejak 2017 lalu.

Rika menambahkan, pihaknya turut melibatkan pihak kepolisian untuk memburu napi tersebut. Mulai dari Polda Banten hingga Polsek sekitar.

"Saat ini dilakukan pencarian oleh Lapas Kelas I Tangerang berkoordinasi dan bekerjasama dengan Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polres Metro Tangerang Kota, Polres Kota Tangerang, dan Polsek sekitar," ungkap Rika.