Pabrik Aqua di Sukabumi Terendam Banjir, Begini Kondisinya

Pabrik Aqua di Sukabumi terendam banjir.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Hujan lebat di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, sejak Senin sore, 21 September 2020, menyebabkan pabrik PT. Aqua Golden Mississippi – Mekarsari, terendam banjir. Operasional pabrik pun dihentikan.

“Pabrik menghentikan operasi sementara untuk alasan keamanan dan keselamatan. Keselamatan karyawan dan keamanan pangan dari produk adalah prioritas utama kami,” kata VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh saat dikonfirmasi.

Ia menambahkan, protokol keselamatan dan keamanan telah diterapkan mengikuti standar yang berlaku. “Saat ini seluruh karyawan dalam kondisi aman,” ujarnya.

Baca juga: Daftar Titik Banjir di Jakarta Malam Ini

Selain pabrik Aqua, puluhan rumah di beberapa kampung di Kabupaten Sukabumi juga diterjang banjir bandang, sore tadi. Bahkan, belasan rumah hanyut akibat derasnya aliran sungai.

Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Budi Away Budiman, menjelaskan musibah banjir bandang tersebut terjadi pukul 17.00 WIB. 

Banjir melanda di Desa Cisaat Kampung Cipari, Desa Pasawahan, Kampung Cibuntu, Kelurahan Cicurug, Kampung Belakan Aspol, Desa Mekarsari, Kampung Nyangkowek RT.002/RW.007, Kampung Lio RT.002/RW.005, Desa Bangbayang dan Perum Setia Budi.

"Terjadi hujan deras hingga menyebabkan terjadinya banjir bandang luapan air sungai Citarik-Cipeuncit," ujar Budi dalam keterangannya.

Dari laporan yang diterimanya, akibat kejadian ini 12 rumah hanyut. Sementara 85 unit rumah terendam dan beberapa kendaraan hanyut terbawa derasnya air dengan ketinggian mencapai enam meter. (ase)