Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Ancaman Resesi, PAN: Patuh Protokol Kesehatan Kunci Pemulihan Ekonomi

Rabu, 23 September 2020 | 22:40 WIB
Oleh :
Foto :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyatakan Indonesia akan memasuki zona resesi pada kuartal III-2020. Hal ini menyusul pembaruan proyeksi perekonomian Indonesia yang menjadi minus 1,7 persen hingga minus 0,6 persen.

Bagi Sekjen PAN Eddy Soeparno, pernyataan tersebut adalah konfirmasi dari prediksi selama ini bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal III tahun ini sulit didongkrak ke teritori positif.

Baca Juga

Menurutnya, kunci pemulihan ekonomi tidak serta merta bertumpu pada penyerapan anggaran dan belanja pemerintah, namun konsumsi rumah tangga yang sangat ini masih sangat hati-hati dalam membelanjakan uangnya.

"Semakin tinggi angka penyebaran COVID- 19, masyarakat akan semakin menahan uangnya untuk dibelanjakan karena mewaspadai kondisi yang lebih berat, di mana mereka harus memiliki tabungan atau uang di tangan. Artinya, kunci pemulihan ekonomi tergantung pada penurunan dan perlambatan penyebaran virus COVID-19, sehingga, masyarakat perlu didesak dan dibayang-bayangi oleh sanksi yang tegas agar melaksanakan protokol kesehatan secara konsekuen," kata Eddy kepada wartawan, Rabu, 23 September 2020.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler