Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jokowi Berdiri Depan Palestina Saat Ada Negara Arab Menikamnya

Kamis, 24 September 2020 | 05:00 WIB
Oleh :
Foto :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di sidang PBB

VIVA – Dalam pidatonya saat Sidang Majelis Umum PBB ke-75 Rabu pagi kemarin 23 September 2020 melalui daring, Presiden Joko Widodo menyinggung persoalan Palestina. Dimana hingga kini, negara tersebut justru belum mendapatkan kemerdekaan.

Langkah membawa masalah Palestina oleh Presiden dalam forum PBB tersebut, dianggap sebagai dukungan penuh Indonesia terhadap Palestina, disaat ada negara Arab menikamnya.

Baca Juga

Itu disampaikan Ketua PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Yayan Sopyani Al Hadi, yang mengatakan bahwa persoalan Palestina yang hingga kini masih mendapat perlakuan tidak adil dari Israel, adalah bentuk mengamalkan konstitusi negara.

"Pidato Presiden Joko Widodo menunjukkan komitmen Indonesia dalam mendukung kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia, termasuk Palestina, sebagaimana amanat UUD 1945 bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Tanpa terkecuali," kata Yayan, dalam keterangannya yang diterima VIVA, Kamis 24 September 2020. 

Baca juga: Presiden Jokowi Tegaskan Dukung Palestina Peroleh Hak Kemerdekaan

Menurut Yayan, pidato ini cukup tepat disaat negara di Timur Tengah seperti Bahrain dan Uni Emirat Arab, justru menormalisasi, menjalin hubungan baik dengan Israel. Tetapi tidak membahas penyelesaian konflik Israel dengan Palestina dalam normalisasi hubungan itu. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler