Rumah Sakit di Kota Bekasi Nyaris Penuh Tampung Pasien Corona

Ruang isolasi rujukan khusus pasien COVID-19 (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengungkapkan sudah 572 pasien yang dirawat di rumah sakit hingga sekarang. Atas banyaknya pasien COVID-19 itu, jumlah tempat tidur di ruang isolasi kini hanya tersisa 155 unit.

Secara keseluruhan, persediaan tempat tidur pasien COVID-19 di rumah sakit Kota Bekasi mencapai 727 unit. Dan yang sudah terpakai sebanyak 572 tempat tidur pasien corona alias nyaris penuh.

"Jadi kapasitas yang masih kosong itu ada 155 tempat tidur dari total kapasitas 727 tempat tidur di seluruh rumah sakit Kota Bekasi," kata Rahmat, Kamis 25 September 2020.

Baca juga: DPR Ingin Pensiunan TNI-Polri dan ASN Terjun ke Politik Setelah 5 Tahun

Meski begitu, kata Rahmat, secara akumulatif selama pandemi sampai sekarang pasien positif COVID-19 sebanyak 1.533 orang. Tapi diakui dia juga yang sembuh juga alami peningkatan. "Yang sembuh sudah mencapai 1.360 orang," katanya.

Untuk mengantisipasi terjadinya over kapasitas, kata Rahmat, pihaknya sudah mencari alternatif. Salah satunya, sudah tersedia rumah sakit darurat di Stadion Patriot Chandrabaga dengan kapasitas 57 tempat tidur.

Kemudian, alternatif lainnya adalah menyewa hotel bintang II di wilayah Kayuringin Kota Bekasi. Kapasitasnya 150 tempat tidur. Termasuk menyiapkan tambahan 45 tempat tidur di Islamic Center bila terjadi penambahan kasus.

"Kita terus lakukan antisipasi dengan menyiapkan tempat isolasi. Seperti tiga rumah sakit tipe D, Gedung Islamic dan hotel. Termasuk di stadion kita sudah lengkapi hepafilter, dan oksigen," lanjut Wali Kota.

Seperti diketahui, berdasarkan data corona.bekasikota.go.id secara akumulatif orang terkomfirmasi positif mencapai 1.533 orang. Yang sembuh 1.360 orang. Dan yang meninggal 83 orang. (ren)