Program Para-Para Papua Diperkenalkan di Kota Padang

Dirjen Otoda Kemendagri Akhmal Malik dan Stafsus Presiden Billy Mambrasar
Sumber :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah

VIVA – Meski dimasa pandemi Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri tetap menjalankan misi untuk mendorong terciptanya SDM unggul dari tanah Papua. Bersama dengan Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementrian dalam Negeri Akhmal Malik, memperkenalkan program Para-Para Papua di hadapan puluhan Mahasiswa asal Bumi Cendrawasih yang ada di Kota Padang, Sumatra Barat.

Program Para-Para Papua, merupakan program mentoring dan coaching yang dilaksanakan oleh profesional muda Papua dari berbagai latar belakang, guna pengembangan diri bagi mahasiswa Papua selama berkuliah di berbagai daerah, baik di dalam dan luar negeri, maupun yang telah usai mengikuti jenjang perkuliahan.

Saat ini, program Para-Para Papua tersebut telah menjangkau sebanyak enam kota studi di tiga pulau yang berbeda, dan kurang lebih telah merangkul 500 lebih mahasiswa asli Papua yang sedang menempuh pendidikan di kota-kota studi tersebut.

“Papua, membutuhkan sumber daya manusia yang unggul untuk mengelola sumber daya alam Papua yang sangat kaya. Mahasiswa dan mahasiswa Papua, harus lebih percaya diri dan banyak mengambil pembelajaran dari budaya-budaya lain di mana tempat studi dilaksanakan. Kita berharap penuh terhadap pengembangan SDM di Papua guna mendorong NKRI lebih baik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pola membangun Indonesia dari Papua,” kata Akhmal Malik, Minggu 27 September 2020.

Baca juga: Billy Stafsus Presiden Bagi-bagi Kuota Internet ke Mahasiswa Papua

Sementara itu, Stafsus Presiden RI Billy Mambrasar menyampaikan,  bahwa pihaknya bersama dengan tim juga akan terus mendukung dan membuka komunikasi seluas-luasnya, serta bekerja sama untuk terus mencari solusi dalam permasalahan yang sedang dihadapi oleh para mahasiswa dan mahasiswi Papua.

Billy berharap, kedepan generasi penerus tanah Papua itu, dapat tetap semangat menjalani program belajarnya, menyelesaikan program studinya dengan sukses, dan dapat kembali ke tanah kelahiran untuk turut serta membangun Papua dan Indonesia.

Menurut Billy, khusus di Kota Padang, kegiatan kali ini berjudul Para-Para Annes. Ini, dimotori oleh Annes Faidiban selaku Asisten Staf Khusus Presiden untuk isu Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan.  Annes Faidiban sendiri, merupakan seorang alumnus Penerima Beasiswa Fulbright Masters Scholarship dari Pemerintah Amerika Serikat dan juga Seorang Duta Komoditas Papua dan Papua Barat.