Vaksinasi Corona Ditargetkan Januari 2021, Siapa yang Diprioritaskan?

Ketua Satgas COVID-19 IDI Zubairi Djoerban.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Pemerintah menargetkan vaksin Virus Corona atau COVID-19 mulai disuntikan secara massal akhir tahun ini atau awal 2021 mendatang. Sejumlah vaksin saat ini pun masih dalam tahap uji klinis sehingga belum ditentukan yang mana akan digunakan di Indonesia.

Pertanyaannya, ketika persiapan sudah selesai dan vaksin Corona itu sudah bisa disuntikan, siapa yang pada tahap awal akan divaksinasi?

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengungkapkan, vaksin itu nantinya pertama kali akan disuntikan kepada tenaga kesehatan. Sebab, mereka adalah garda terdepan menangani COVID-19 saat ini.

Baca juga: Menko Luhut Siapkan Penyuntikan Massal Vaksin COVID-19 

"Menurut saya petugas tenaga kesehatan yang ada di ICU, ruang inap COVID-19 kemudian tenaga kesehatan lain," ujar Zubairi saat diwawancarai tvOne, dikutip Selasa, 29 September 2020.

Setelah tenaga kesehatan, menurutnya, tenaga kerja esensial atau paling mendasar. Kemudian, masyarakat yang paling berisiko. "Misalnya  guru, ibu hamil, orang di penjara, masyarakat homeless seperti anak-anak jalanan. Baru tahapan lain dan akhirnya semua orang perlu divaksinasi," ujarnya.

Meski demikian dia menegaskan, prioritas siapa saja yang akan didahulukan untuk vaksinasi ini akan dibahas secara detail pada saat vaksin itu siap disuntikkan. Sehingga, vaksinasi yang dilakukan bisa tepat sasaran dan efektif memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kita menunggu hasil (vaksin) yang akan disampaikan Januari. Kita harapkan positif uji klinis fase 2 semoga berhasil baru kita bahas prioritasnya siapa- siapa (yang didahulukan vaksinasi)," ujarnya.