Mulai Berkantor di Depok, Ridwan Kamil Sebut karena Rasa Cinta

Depok dapat bantuan Pemprov Jabar menekan penyebaran COVID-19
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mulai melakukan sederet aktivitasnya di Kota Depok pada Jumat pagi, 2 Oktober 2020. Aksi ini dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 yang cukup tinggi di kota tersebut.

"Hari ini kita membawa banyak bantuan semata-mata karena cinta kami kepada Kota Depok," kata Ridwan Kamil saat mengawali hari di Balai Kota Depok, Jawa Barat.

Pria yang akrab disapa Emil itu menuturkan, sejak hari pertama diumumkan adanya kasus, pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah mengirimkan bantuan ke Depok.
        
"Kami ke sini untuk menyemangati agar kompak, kunci kemenangan adalah kebersamaan. Ada pantunnya dikit, ikan hiu makan opak, ayo semua kita kompak," tuturnya di hadapan sejumlah pejabat terkait. 
        
Emil mengungkapkan, ada beberapa catatan untuk kota penyangga Jakarta ini. Antara lain, kata dia, pertama, Depok tidak bisa berbeda dengan Jakarta karena virus Corona ini tidak “mengenal” kartu tanda penduduk (KTP).

Baca juga: Bukti Kudeta Aidit Sampai Polisi Mundur karena Dimaki-maki Bosnya 
        
"Tidak ada batas administrasi politik, maka penanganannya harus sama. Tapi, karena ada wilayah-wilayah batas administrasi politik, maka keputusan yang diambil disesuaikan dengan kearifan lokal," ujarnya.
        
Maka dari itu, ucap Emil, pihaknya sudah berkoordinasi lebih baik di Jabodetabek. 
        
"Karena memang keputusan di Jakarta memengaruhi dirinya sendiri, dua memengaruhi regional kita, tiga memengaruhi nasional karena ibu kota," lanjutnya.
        
"Oleh karena itu, tadi saya ke sini untuk menyemangati. Yang saya ingat, ada enam ventilator lumayan mahal itu satunya Rp250 juta. Hanya Depok yang saya kasih enam unit,” kata dia.
        
Pantauan VIVA, setelah menyerahkan secara simbolis bantuan, Emil dan rombongan kemudian mulai melakukan peninjauan secara langsung di kota tersebut. Lokasi yang telah didatangi di antaranya gedung Labkesda Depok dan Rumah Sakit Citra Medika yang diketahui menjadi salah satu rujukan penanganan kasus COVID-19. (art)