Ratusan Ribu Warga Bekasi Akan Terima Vaksin COVID-19 pada November

Dua kandidat vaksin COVID-19 buatan Sinopharm dan Sinovac.
Sumber :
  • (ANTARA/HO-GT)

VIVA – Warga Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi direncanakan akan menerima vaksin COVID-19 pada November 2020. Jumlahnya mencapai ratusan ribu untuk vaksinasi tahap pertama.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, menuturkan, ada 20 persen dari 2,4 juta warga Kota Bekasi menjadi target vaksinasi COVID-19 tahap pertama diterima pada November 2020. Kini, surat sasaran kepada sekitar 480 ribu penerima vaksin itu sudah dibuat.

"Setelah dibuat surat sasaran vaksin ini akan dikirim ke gubernur Jawa Barat," kata Rahmat, Rabu 14 Oktober 2020.

Rahmat menambahkan, tahap pertama jatah vaksin COVID-19 Kota Bekasi ke sebanyak 480 ribu orang itu khusus untuk tenaga medis dan petugas pelayanan publik.

Baca juga: Merger 3 Bank Syariah BUMN, Manajemen Janji Tidak Akan Ada PHK

"Tahap pertama itu rencananya bulan November 2020. Karena mereka adalah orang yang kontak langsung dengan orang banyak," katanya.

Sementara itu, untuk wilayah Kabupaten Bekasi, jatah penerima vaksin mencapai 720 ribu orang. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengaku, sudah diberitahu oleh pemerintah pusat terkait rencana vaksinasi pada November 2020.

"Rencananya, memang di bulan November akan diberi vaksinasi oleh pemerintah pusat," katanya.

Bahkan, atas informasi itu, pihaknya sudah mengirim 45 tenaga kesehatan untuk mengikuti pelatihan teknis. Hanya saja, dia mengaku, belum menentukan target vaksinasi tersebut.

"Kita masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat," ujar Alamsyah. (art)