Keluarga Berperan Penting Kenalkan Vaksin

Konselor Keluarga Nuniek Tirta.
Sumber :
  • Dokumentasi Kominfo.

VIVA – Keluarga ternyata justru menjadi tempat paling tepat mengenalkan vaksin. Konselor Keluarga Nuniek Tirta menjelaskan. Dalam sebuah keluarga ada ikatan yang erat antara anggotanya. Promosi mengenai pentingnya vaksin bisa lebih mudah disampaikan. 

"Kita mengedukasi, itu pun ke orang-orang yang saya rasa penting. Keluarga terdekat. Namun untuk masyarakat keseluruhan, mungkin saya bisa melalui media sosial," ujar Nuniek dalam Webinar “Lindungi Diri, Imunisasi Saat Pandemi” yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dikutip Senin 19 Oktober 2020.

Informasi yang penting untuk disampaikan ke setiap keluarga adalah vaksinasi punya peranan penting dalam 'menghilangkan' ketakutan terhadap penyakit tertentu. Misalnya, campak. Dahulu, para orangtua takut anak-anak mereka terkena penyakit campak.

Namun saat ini, lanjutnya, kekhawatiran ini menghilang lantaran vaksinasi campak berhasil menekan angka campak secara signifikan. "Kita sudah tidak takut lagi sama campak kenapa, ya karena selama ini sudah ada program wajib vaksin campak," tuturnya. 

Sosialisasi pentingnya vaksin terus digencarkan pemerintah. Ini adalah upaya pemerintah untuk terus melindungi seluruh warganya dari wabah yang sekarang ini merebak. Setiap keluarga memiliki peran penting bergotong royong melindungi Indonesia.