Ketua MPR Minta Pemerintah Jelaskan Manfaat Vaksin COVID-19

Ketua MPR RI 2019-2024, Bambang Soesatyo saat mengunjungi redaksi tvOne beberapa waktu lalu. (foto ilustrasi)
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah melakukan komunikasi yang baik dengan pendekatan yang tepat kepada masyarakat atas polemik penyediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

“Sehingga masyarakat dapat memahami manfaat dari vaksin COVID-19,” kata Bamsoet melalui keterangan tertulis, Jumat 23 Oktober 2020.

Politikus Partai Golkar ini juga mendorong pemerintah bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan vaksin COVID-19 aman dan halal.

“Dikarenakan seluruh masyarakat Indonesia seharusnya wajib mendapatkan vaksin tersebut tanpa terkecuali, sebab semua orang dapat terpapar COVID-19,” katanya.

Baca: Ridwan Kamil: Suntik Vaksin COVID-19 Tidak Hanya Sekali

Selain itu Bamsoet berharap wacana pemberian vaksin COVID-19 secara gratis pada seluruh warga negara Indonesia bisa direalisasikan oleh pemerintah. Seandainya tidak dapat digratiskan seluruhnya, minimal ditetapkan harga yang sangat terjangkau sehingga tidak membebani perekonomian masyarakat.

Bambang Soesatyo pun ingin pemerintah dan industri kesehatan di Indonesia juga terus mengembangkan vaksin COVID-19, sehingga bisa menghindari vaksin impor dan memenuhi kebutuhan dalam negeri secara mandiri. (ren)