Awas, Razia Masker Sasar Tempat Wisata di Solo Saat Libur Panjang

Tim gabungan di Solo gelar operasi masker.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodik.

VIVA - Tim gabungan Polisi, TNI, dan Satpol PP Solo">Solo akan menggiatkan operasi yustisi masker di sejumlah tempat wisata dan pusat keramaian selama libur panjang akhir Oktober ini. Para wisatawan maupun pengunjung yang tak pakai masker bakal dihukum membersihkan sungai di Solo.

"Operasi yustisi masker akan kita tegakkan di lokasi wisata, kuliner, sentra oleh-oleh maupun tempat wisata lainnya serta mal-mal maupun pasar tradisional akan menjadi perhatian," kata Kapolresta Solo, Komisaris Besar Polisi Adi Safri Simanjuntak, di Solo, Selasa, 27 Oktober 2020.

Baca juga: 2.000 Orang Dihukum Bersihkan Sungai di Solo karena Tak Pakai Masker

Menurut dia, nantinya pengunjung maupun wisatawan yang diketahui tidak memakai masker saat berkunjung di sejumlah objek wisata maupun mal itu akan mendapatkan hukuman seperti pada razia-razia masker sebelumnya.

"Hukumannya yang tidak pakai masker membersihkan drainase, Kali Pepe dan lainnya sesuai dengan peraturan wali kota," katanya.

Oleh sebab itu, ia pun berharap pada libur panjang akhir pekan ini para pengunjung untuk menaati dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan seperti 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Bahkan, ia akan menempatkan pasukan dari polisi maupun TNI untuk menjaga keamanan di sejumlah objek wisata dan titik keramaian seperti mal dan pasar tradisional.

"Tempat-tempat tersebut akan menjadi concern setting pasukan kita selama liburan panjang ini. Mereka nanti juga akan memberikan imbauan pendisiplinan kepada masyarakat terhadap kepatuhan menjalankan protokol COVID-19," katanya.