Kakorlantas Bakal Adopsi Pengembangan Program TAR Tulungagung

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – kakorlantas&type=all">Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Istiono menuturkan, pihaknya bakal adopsi pengembangan Traffic Attitude Record (TAR) oleh Polres Tulungagung. Istiono mengatakan dengan adanya TAR yang terkoneksi dengan Dukcapil serta face recognition tersebut akan membuat petugas mengetahui rekam jejak sejarah seseorang yang akan mengajukan pembuatan SIM.

Petugas atau sistem TAR juga dapat memverifikasi persetujuan atau di blacklist dalam artian tidak di berikan izin dalam pembuatan SIM.

Istiono pun sangat mengapresiasi program inovasi yang dilakukan oleh Polres Tulungagung tersebut. Pasalnya, TAR ini adalah bagian daripada pengembangan implementasi daripada program-program mekanisme dan kriteria masyarakat yang akan memiliki SIM.

"TAR ini sangat bagus dan sangat inovatif sekali," ujar Istiono saat meresmikan launching Forum LLAJ Center di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, Rabu, 28 Oktober kemarin.

Baca juga: Megawati: Apa Sumbangsih Generasi Milenial Terhadap Bangsa?

Ia menambahkan, program inovasi ini nantinya akan diadopsi secara kewilayahan oleh Dirlantas dan jika bertambah bagus, Istiono tak segan untuk mengadopsinya secara nasional.

Selain itu, Istiono juga mengatakan Forum LLAJ yang dilakukan Pemda Tulungagung sangat apresiatif dan juga implementasi PP no37 2011 tentang rencana umum nasional keselamatan.

"Pada hakikatnya pemecahan permasalahan tidak bisa dilakukan hanya satu instansi saja dan harus dilakukan bersama lintas sektoral serta didukung masyarakat," ujarnya.