SATU Indonesia Award Angkat Pejuang di Masa Pandemi COVID-19

Presiden Direktur PT Astra, Djony Bunarto Tjondro
Sumber :
  • VIVA / Ahmd Farhan

VIVA – Presiden Direktur PT Astra, Djony Bunarto Tjondro mengatakan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Rabu, 28 Oktober 2020, Astra kembali mengadakan kegiatan SATU Indonesia Award ke-11. Kali ini, ada tema khusus yang diangkat terkait pejuang pandemi COVID-19.

"Acara SATU Indonesia Award ke-11 ini sebagai wujud apresiasi Astra untuk anak muda terbaik bangsa di tingkat nasional dan provinsi, baik individu maupun kelompok yang memiliki kepeloporan dan idealisme untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya," kata Djony saat diskusi virtual, Sabtu, 31 Oktober 2020.

Menurut dia, acara ini diselenggarakan sekaligus bertepatan momentum memperingati Sumpah Pemuda. Semangat anak muda untuk memajukan Indonesia dilakukan melalui lima bidang kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu, kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan dan teknologi.

Melalui SATU Indonesia Award, kata Djony, ini merupakan suatu komitmen Astra dan anak perusahaan dan yayasan sosialnya untuk memperkuat nyata grup Astra dalam usaha meraih cita-cita sejahtera bersama bangsa.

"Kami berharap agar pemuda-pemudi mampu secara berkelanjutan meningkatkan kontribusi dan dampak positif dalam usaha-usaha pembangunan daerahnya," ujarnya.

Pada tahun ini, kata Djony, pihaknya menghadirkan kategori khusus untuk mengapresiasi para pejuang tanpa pamrih di masa pandemi COVID-19. Tema ini menjadi istimewa hingga berhasil menjaring pendaftar 326 peserta.

"Ini tidak hanya berkontribusi dalam bidang kesehatan, para finalis khusus pejuang di masa pandemi COVID-19 juga banyak bergerak bidang pendidikan, kewirausahaan dan teknologi. Tentu misinya sama, yaitu kontribusi nyata bagi masyarakat yang terdampak pandemi," ujarnya.

Sementara, Djony mengatakan total peserta dalam SATU Indonesia Award ke-11 ini mencapai 10.036 pendaftar atau naik 15,9 persen dari tahun sebelumnya. Tentu, kata dia, angka ini terus bertambah dibanding tahun pertama penyelenggaraan tahun 2010 yang cuma 120 pendaftar.

"Semoga akan lahir banyak insan-insan yang memancarkan cahaya terang generasi muda inspiratif, sebagai inspirasi sesama anak bangsa untuk bergerak bersama menerangkan masa depan Indonesia," katanya.

Mantan Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek mengapresiasi kegiatan SATU Indonesia Award ke-11 yang mengusung tema pejuang di masa pandemi COVID-19. Menurut dia, hal ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh generasi muda untuk melihat masalah yang ada di tengah masyarakat.

"Tahun ini mengalami pandemi dan Astra mengambil satu keputusan bagi pejuang COVID-19. Tidak hanya dalam sisi kesehatan, tapi banyak sekali mendapatkan pejuang COVID-19 dari berbagai sudut. Jadi, kami melihat mereka memberikan perhatian untuk mengatasi masalah yang terjadi akibat dampak pandemi," ujarnya.