Pemkot Makassar Bantu Petani dan Nelayan yang Terdampak COVID-19

Pejabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, menyerahkan bantuan kepada kelompok tani dan nelayan.
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Pemerintah Kota Makassar memberikan perhatian khusus kepada kelompok tani dan nelayan yang terdampak COVID-19.

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, menyerahkan sejumlah bantuan ke petani dan nelayan berupa handsprayer untuk 16 kelompok tani dan power thresher untuk 5 kelompok tani.

Pada bidang perikanan, diserahkan pakan, benih bandeng, benih udang, benih lele, benih nila, dan spinner, sedangkan untuk bidang kelembagaan, diserahkan jaring milenium untuk 17 kelompok.

“Petani dan nelayan kita harus lebih baik. Mereka inilah penyanggah ekonomi di tengah pandemi. Tanpa eksistensi  petani dan nelayan, tentu kita akan semakin sulit melewati masa COVID-19 ini,” kata Rudy saat berlangsung acara Musyawarah Tani Abbulo Sibatang, yang digelar di Kelurahan Barombong, Kamis 5 November 2020.

Baca juga: Peneliti Kembangkan Metode Baru untuk Ungkap Pola Mutasi Virus Corona

Musyawarah Tani Abbulo Sibatang merupakan forum bersama segenap pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, tim ahli, serta para petani, dan nelayan untuk menemukan titik temu dari sejumlah potensi masalah yang dihadapi di lapangan. Hasil dari musyawarah itu selanjutnya akan menghasilkan rekomendasi untuk dilaksanakan secara bersama seluruh kelompok tani dan nelayan, termasuk juga menjadi pertimbangan pada musim tanam berikutnya.

Dalam dialog antara Pj Wali Kota Makassar dengan para kelompok tani dan nelayan itu, sejumlah persoalan disampaikan yang langsung dijawab beserta dengan beberapa solusi yang segera akan dikerjakan oleh Pemkot Makassar.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Pakar Pertanian dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Profesor Laode Asrul, yang sekaligus menjadi narasumber dengan materi mengenai pertimbangan ilmiah dalam menghadapi musim tanam ini. 

Juga hadir sejumlah pejabat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulsel serta dari Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar. (ren)

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19