Tito Karnavian Tuntut Pemerintah Aceh Kreatif Tangani COVID-19

Mendagri Tito Karnavian melantik Nova Iriansyah jadi gubernur Aceh definitif
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menuntut Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang baru dilantik untuk kreatif dalam menangani COVID-19 yang akhir-akhir ini melonjak drastis di Aceh.

Pemerintah Aceh, kata Tito, harus optimistis menghadapi pandemi COVID-19 dan dampaknya. Semua pihak harus melihat peluang dan terobosan untuk memutus rantai penularannya.

"Pemerintah Aceh dan semua pihak harus pandai membaca peluang dengan terobosan-terobosan yang kreatif dan inovatif di tengah tantangan situasi sulit pandemi COVID-19. Pandemi ini harus ditangani secara optimal," kata Tito usai melantik Nova Iriansyah sebagai gubernur Aceh di gedung utama DPR Aceh, Banda Aceh, Kamis, 5 November 2020.

Dalam menghadapi bencana global pandemi COVID-19 yang merupakan bencana multidimensi dan berdampak pada bidang kesehatan, kemanusiaan, ekonomi, dan bahkan sosial, Tito menyarankan agar pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Nova untuk fokus menangani COVID-19.

"Seperti halnya negara atau daerah lain, penyebaran penyakit COVID-19 juga terjadi di Aceh, bahkan ada saudara-saudara kita yang telah wafat karena penyakit tersebut. Makanya ini harus jadi perhatian," ujarnya.

Pemerintah pusat tentu tidak diam; berbagai program pemerintah baik fisik maupun nonfisik terus dilaksanakan untuk mengatasi pandemi COVID-19 dan mendorong percepatan pembangunan.

Nova Iriansyah mengaku sejauh ini sudah melahirkan sejumlah kebijakan dalam menangani COVID-19, di antaranya penanganan medis, jaring pengamanan sosial hingga pemulihan ekonomi krisis pangan.

"Semua kebijakan tersebut bertujuan untuk melindungi seluruh warga Aceh dari bencana pandemi ini. Langkah penting yang harus dicapai bersama adalah mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari COVID-19, mewujudkan masyarakat yang disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan," kata Nova.

Ia mengaku masih banyak tantangan dalam melawan COVID-19. Namun, ia percaya masyarakat Aceh bisa melalui masa sulit ini sesegera mungkin.

Saat ini secara kumulatif, pasien positif Corona di Aceh mencapai 7.563 orang dengan rincian 5.881 sembuh, 1.403 dirawat di rumah sakit rujukan, dan 279 meninggal dunia. (art)

Baca: COVID-19 Pengaruhi Sistem Pencernaan, Picu Mual dan Diare