Soal Calon Pengganti Idham Azis, Polri Tunggu Keputusan Presiden

Kapolri Jenderal Idham Azis
Sumber :
  • niaga.asia

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono menghargai pendapat masyarakat terkait bursa pencalonan Kapolri mengingat Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun awal tahun 2021.

"Tentunya, kami sangat menghormati pendapat dari rekan-rekan di luar Polri terkait bursa Kapolri," kata Awi di Mabes Polri, Jumat, 13 November 2020.

Namun, Awi mengingatkan bahwa penunjukan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) merupakan hak Presiden Republik Indonesia. Maka dari itu, ia berharap semua pihak bersabar menunggu sampai ada keputusan resmi dari Presiden RI.

"Mari kita sama-sama tunggu bagaimana keputusannya nanti. Tentunya, nanti pada waktunya Bapak Presiden yang menyampaikan keputusannya," ujarnya.

Diketahui, sempat beredar isu akan ada rotasi besar-besaran di tubuh Polri pada bulan November 2020. Karena, ada beberapa perwira tinggi (Pati) Polri yang akan memasuki masa pensiun, di antaranya tiga orang berpangkat bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen), delapan orang berpangkat bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen) dan 19 orang berpangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen).

Tiga jenderal berpangkat Komjen yang akan pensiun yakni Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko, Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Komjen Antam Novambar serta Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Widjarnardi.

Kemudian, ada sejumlah nama yang bakal mengisi jabatan tersebut sehingga diperkirakan perwira tinggi Polri yang berpangkat Irjen akan naik menjadi Komjen. Seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi dan Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil Imran.

Baca juga: 10 Polres Raih Pelayanan SKCK Terbaik, Ini Daftarnya