Mabes Polri Rombak Kapolres di Jabodetabek, Ini Daftarnya

Sertijab Pati Polri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan rotasi dan mutasi besar-besaran terhadap jabatan di lingkungan Polri. Sejumlah Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya diganti, antara lain Kapolres Jakarta Selatan.

Pemindahan tugas jabatan ini sesuai Surat Telegram Nomor: ST/3236/XI/KEP/2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri tertanggal 16 November 2020, yang diteken oleh As SDM Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam telegram tersebut, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono dimutasi sebagai Analis Kebijakan Bidang Pidana Narkoba Bareskrim dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko. Sementara, posisi Budi digantikan oleh Kombes Azis Andriansyah.

Kombes Azis sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Depok. Sedangkan Kapolres Depok sekarang dijabat oleh Kombes Imran Edwin Siregar yang sebelumnya Direktur Intelkam Polda Aceh.

Selanjutnya, Kapolres Jakarta Barat, Kombes Audie Sonny Latuheru dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Bidang Pidum Bareskrim dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko. Lalu, posisi Kapolres Jakarta Barat diisi oleh Kombes Ady Wibowo.

Berikutnya, Kapolres Bekasi Kota Kombes Wijonarko dimutasi sebagai Analis Kebijakan Bidang Pidnarkoba Bareskrim dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko. Sementara, posisi Kapolres Bekasi Kota dijabat Kombes Aloysius Suprijadi.

Kemudian, Kapolresta Bogor Kombes Hendri Fiuser dimutasi sebagai Analis Kebijakan Bidang Pidum Bareskrim dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko. Sehingga posisi Kapolresta Bogor diisi Kombes Susatyo Purnomo Condro yang sekarang jadi Direktur Reserse Narkoba Polda Banten.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, mengatakan pemindahan jabatan di lingkungan Polri untuk penyegaran organisasi Korps Bhayangkara.

“Sebagai penyegaran organisasi, baik tour of duty maupun tour of area,” kata Awi pada Selasa, 17 November 2020.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot dua Kapolres karena tidak tegas menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus COVID-19 di wilayah Kota Jakarta. Kombes Heru Novianto juga dicopot dari jabatan Kapolres Metro Jakarta Pusat dan digantikan oleh Kombes Hengki Hariyadi. Sementara, Heru dimutasi sebagai Analis Kebijakan Brimob Polri.

Kemudian, AKBP Roland Ronaldy juga dicopot dari jabatan Kapolres Bogor, Jawa Barat dimutasi menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat. Sedangkan Kapolres Bogor diisi oleh AKBP Harun yang sekarang Kapolres Lamongan. (ase)