ITS NU Berdiri, Cak Imin: Era Teknologi, Keunggulan Tumbuh di Mana pun

Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat peluncuran platform pembelajaran digital Santrinet di Malang, Jawa Timur, Jumat, 23 Oktober 2020.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, merespons positif berdirinya Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU). Salah satu kampus ITS NU yang sudah mulai beroperasional berada di Pekalongan, Jawa Tengah.

Menurut Cak Imin, kehadiran ITS NU memberikan pengaruh positif terhadap pendidikan di Tanah Air. Ia berharap ITS NU bisa berkontribusi terhadap perkembangan teknologi di Tanah Air.

Kata dia, kontribusi itu bisa dengan membantu mencetak kualitas sumber daya manusia yang handal di bidang informasi teknologi dan sains. Dia bilang, ITS NU bisa jadi alternatif pelajar yang ingin melanjutkan sekolah di perguruan tinggi.

“Di era teknologi saat ini keunggulan bisa tumbuh di mana pun. Kalau dulu ada Universitas Indonesia, UGM, tapi sekarang (kuliah di) kampus ITS NU juga bisa unggul dan maju,” kata Cak Imin, dalam keterangan resminya, Rabu 18 November 2020.

Cak Imin juga mengapresiasi sarana fasilitas kelengkapan yang dimiliki ITS NU. Apalagi lokasi yang representatif yang berada satu kompleks dengan kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pekalongan.

“Saya kagum dengan ITS NU, tinggal para kaum muda ini pintar-pintar melihat potensi,” tutur Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga: Unair dan ITS Kolaborasi Bikin Robot Pelayan Pasien Covid-19

Dalam acara peresmian ITS NU, Cak Imin juga ditemani Ketua PCNU Pekalongan KH. Muslikh Khudhori, dan Rektor ITS NU, Hariyadi. 

Untuk diketahui, ITS NU sudah disiapkan sejak lama. Saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dijabat Mohamad Nasir, ITS NU bahkan disiapkan perencanaan pembangunan di luar Jawa seperti Sumatera dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sudah disiapkan pembangunan ITS di provinsi lain, seperti di Sumatera, Kalimantan, dan Nusa
Tenggara Barat (NTB)," kata Nasir, pada 31 Desember 2018.

Menurut Nasir, ITS NU yang sudah ada per Desember 2018 ada di Pasuruan Jawa Timur dan Pekalongan, Jawa Tengah. Ia menekankan saat itu pemerintah terus mendorong pendirian ITS NU dengan harapan mendongkrak kualitas SDM di bidang sains dan teknologi. (ren)