Sampai Hari Ini, Habib Rizieq dan Keluarga Belum Ikut Rapid Test

Pelaksanaan Rapid Test di Petamburan, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Polsek Tanah Abang mengemukakan, hingga hari ini, pihaknya belum mendapatkan informasi dari pihak keluarga Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab atau HRS yang datang ke lokasi rapid test yang dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya di Jalan Petamburan IV, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Hal ini disampaikan oleh Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Komisaris Polisi Margiyono, saat ditemui di lokasi rapid test yang diselenggarakan Polda Metro Jaya, pada Senin, 23 November 2020. 

"Rapid test ini sudah kami laksanakan sejak kemarin, Minggu 22 November 2020 hingga besok, Selasa 24 November 2020. Tetapi, hingga hari ini, keluarga HRS belum hadir di lokasi untuk mengikuti rapid test ini," kata Margiyono.

Menurut Margiyono, kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini dikhususkan untuk warga Petamburan yang mengikuti acara akad nikah putri HRS dan Maulid Nabi yang digelar oleh FPI di Petamburan. Kegiatan ini juga terbagi dalam tiga rangkaian, yakni penyemprotan disinfektan, rapid test, dan pembagian sembako. 

"Sembako ini akan kami bagikan kepada setiap warga yang datang rapid test. Jadi setelah mereka selesai rapid, kami langsung serahkan sembako untuk mereka," ujarnya.

Ia menjelaskan, hari ini, ada sebanyak 60 orang yang telah mengikuti rapid test. Alat rapid test yang disiapkan sebanyak 200. Sedangkan kemarin, ada 79 orang yang mengikuti rapid test

Pada Minggu kemarin, pihak Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan, rapid test, dan pembagian sembako untuk warga Petamburan.

Kegiatan ini dilakukan menyusul ditemukannya klaster baru dari penyebaran COVID-19, yakni klaster Petamburan, Tebet, Megamendung, dan Bandara Soekarno Hatta. Klaster ditemukan dalam acara akad nikah putri HRS dan peringatan Maulid Nabi yang digelar oleh FPI. 

"Sejauh ini, semua yang ikut rapid ini belum ada yang reaktif. Namun, apabila ada yang reaktif, kami akan langsung berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat untuk melaksanakan langkah-langkah selanjutnya," kata Margiyono.

Sementara itu, selain membuka rapid test di Petamburan, Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bogor mengelar rapid dan swab di dua desa dan keliling di sekitar pondok pesantren Markaz Syariah, Bogor.

Kegiatan rapid dan swab massal ini dilakukan di dua titik, serta lokasi petugas yang berkeliling. Sebanyak 80 orang mengikuti rapid test di lokasi Lapangan Leumbah Neundeut dengan hasil 4 orang reaktif corona. 

Sedangkan, di lokasi lain, 65 orang mengikuti rapid test di Kampung Pakancilan, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, dengan total 1 orang reaktif corona. Lima orang reaktif tersebut langsung menjalani swab.