Mantan Wakapolri Beberkan Kriteria Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Adang Daradjatun Gelar Jumpa Pers di Kediamannya
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVA – Kapolri Jenderal Idham Azis, akan memasuki masa pensiun pada Januari 2021. Siapa sosok penggantinya, kini mulai ramai dibicarakan. Termasuk kriteria seperti apa yang dianggap layak menjadi kapolri berikutnya.

Mantan Wakapolri Komjen (Purn) Adang Daradjatun menyebut sejumlah kriteria yang harus dimiliki kapolri berikutnya. Adang menjelaskan secara prosedur, bahwa perwira itu harus berbintang tiga.

"Bahwa proses-proses seorang perwira tinggi sampai bintang 3 itu melalui suatu tahapan-tahapan yang begitu ketat. Dalam arti yang lebih nanti pasti ada wanjak kan, kalau di dalam pertemuan ini. Jadi kalau untuk saya bahwa apapun juga ke depan ini Polri tetap sebagai bagian dari pada garda terdepan dalam penegakan hukum," kata Adang, Senin 23 November 2020.

Baca juga: Polling VIVA: Revolusi Akhlak Versus Revolusi Mental, No Baper!

Pria yang duduk di Komisi III DPR ini juga mengatakan, tugas yang akan diemban oleh seorang kapolri saat ini merupakan tugas yang besar. Sosok yang terpilih nanti haruslah sosok yang profesional, dan juga harus mampu mengatasi masalah di institusi Polri.

"Jadi saya berharap sekali, siapa pun yang terpilih, pada masalah profesionalisme terutama pada saat ini yang dirasakan sekali adalah masalah pembinaan sumber daya manusia, di mana kapolri yang lama mencanangkan delapan program kalau tidak salah antara lain sumber daya manusia," jelas Adang.

Kapolri selanjutnya harus mampu beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat saat ini. Kemampuan intelektual kapolri, selanjutnya juga harus lebih luas dari yang lainnya.

"Untuk saya sekarang bahwa dengan kemajuan-kemajuan kehidupan bermasyarakat yang semakin intelektualnya baik, demokrasinya begitu luas, diperlukan seorang pemimpin yang memiliki kemampuan paripurna. Masalah kepemimpinan paripurna itulah yang nanti menjadi kewenangan bapak presiden untuk menentukan siapa calon yang terbaik untuk jadi kapolri," jelasnya.