Jokowi soal Vaksinasi COVID-19: Akhir 2020 atau Januari 2021

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Presiden Joko Widodo menegaskan, meski pandemi virus corona belum berakhir, pemerintah akan segera melangkah untuk melakukan recovery (pemulihan) melalui upaya vaksinasi COVID-19. Presiden berharap vaksin COVID-19 tersedia di akhir November, atau setidaknya di awal Desember 2020.

"Tetapi itu juga tidak langsung bisa disuntikkan atau dilakukan vaksinasi--tidak--masih harus menunggu langkah-langkah dan kaidah-kaidah saintifik, serta data-data sains yang diperlukan untuk mendapatkan emergency use authorisation dari BPOM," kata Jokowi secara virtual, Rabu 25 November 2020.

Jadi, katanya, walau vaksin COVID-19 nantinya sudah datang, pemerintah masih harus menunggu tahapan-tahapan yang harus dilakukan BPOM. "Dan kita harapkan, Insya Allah juga, kalau tidak di akhir 2020 atau di Januari 2021 vaksinasi bisa kita lakukan," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pemerintah sudah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk distribusi vaksin COVID-19, di antaranya simulasi-simulasi dan penyediaan infrastruktur di beberapa tempat.

Jokowi mengakui, distribusi vaksin COVID-19 ke seluruh wilayah Indonesia, yang meliputi 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, bukan perkara mudah dan memerlukan sarana dan prasarana yang tidak sedikit.

Dalam proses distribusi vaksin nanti, sarana dan prasarana pendukung lainnya sesuai skema cold chain atau box pendingin bagi penyimpanan vaksin COVID-19 harus dipersiapkan secara matang.

Sebab, proses penyimpanan vaksin memerlukan suhu atau temperatur kedinginan tertentu, sehingga perjalanannya menuju 514 kabupaten/kota di 34 provinsi sangat memerlukan kehati-hatian.

"Setelah vaksinasi dilakukan, pemulihan kesehatan dan rasa aman masyarakat kita harapkan akan memicu kegiatan ekonomi masyarakat juga bisa bergerak, dan kita harapkan juga bisa menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya," ujar Presiden Jokowi. (ren)

Baca: Erick Thohir Buka-bukaan Alasan Tak Pilih Vaksin COVID-19 dari Pfizer