Hamdan Zoelva: 70 Persen Calon Kepala Daerah Positif COVID-19

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva, mengungkapkan keprihatinannya karena 70 orang calon kepala daerah terinfeksi virus COVID-19. Jumlah ini tentu bukan jumlah yang sedikit.

Hamdan mengatakan, informasi yang dimilikinya sudah sebanyak 4 orang calon kepala daerah meninggal dunia karena terjangkit virus COVID-19. Untuk itu masyarakat jangan anggap enteng virus COVID-19  

"Prihatin, 70 orang calon kepala daerah terinfeksi COVID-19, 4 orang di antaranya meninggal dunia," kata Hamdan dalam akun Twitternya, yang dikutip Sabtu, 28 November 2020.

Menurut Hamdan, tak hanya para calon kepala daerah saja, bahkan penyelenggara pemilu juga tak luput dari serangan COVID-19. Sudah sebanyak 100 orang petugas KPU terkena COVID-19.

Hamdan meminta ke depannya agar lebih tegas lagi dalam melaksanakan protokol kesehatan. Diharapkan ke depannya tak ada korban jiwa yang ditimbulkan oleh COVID-19.

"100 orang penyelenggara termasuk Ketua KPU RI terinfeksi. Betapa besar pengorbanan untuk demokrasi. Perketat protokol kesehatan. Semoga wabah ini cepat berlalu," ujar Hamdan.

Seperti diketahui, DPR bersama Pemerintah Pusat telah memutuskan untuk tetap menggelar Pilkada serentak 2020 meskipun pandemi COVID-19 belum dapat diatasi. Pilkada Serentak 2020 akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD meminta semua pihak menjaga situasi agar tetap kondusif. Imbauan itu dikeluarkan jelang perhelatan Pilkada Serentak 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang. Terutama kepada penyelenggara pilkada, para calon dan timnya, pemda, aparat keamanan, dan seluruh masyarakat.

Dia berharap, semua pihak bisa saling menjaga agar pilkada berjalan dengan lancar. Itu dia katakan saat memimpin rapat analisa dan evaluasi tahapan pilkada serentak di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin 23 November 2020. Hadir Menteri Dalam Negeri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, dan Kepala BNPB, serta para gubernur secara virtual. 

Baca juga: Rutin Tes Swab, Khofifah Dipastikan Tak Tertular Bupati Situbondo