Kronologi Rumah Mahfud MD di Madura Digeruduk Massa Berserban

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Rumah orangtua Menko Polhukam Mahfud MD di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sempat digeruduk massa yang sebagian peserta mengenakan serban putih pada Selasa, 1 Desember 2020. Kepala Kepolisian Resor Pamekasan Ajun Komisaris Besar Polisi Apip Ginanjar mengatakan, massa hanya berhenti sejenak di rumah Mahfud. Situasi kemudian sudah kondusif.

Apip menjelaskan, kejadian bermula ketika massa sekira 200-an orang melakukan aksi di Monumen Arek Lancor terkait pemanggilan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Kepolisian Daerah Metro Jaya. Massa diketahui sebagai simpatisan HRS. Perwakilan massa sebanyak sepuluh orang kemudian melakukan audiensi di markas polres setempat.

Apip mengatakan audiensi berjalan lancar dan sudah ia laporkan ke Kepala Polda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta. "Memang ada dari Aliansi Umat Madura, habaib dan ulama, datang memberikan pernyataan sikap terkait dengan yang di Jakarta, yang Habib Rizieq itu," katanya dikonfirmasi wartawan melalui telepon genggam. 

Setelah aksi, massa kemudian membubarkan diri. Nah, saat pulang itulah sebagian massa melewati jalan di depan rumah Mahfud MD.

"Begitu sampai di depan kediaman Pak Mahfud MD, ada yang berhenti dan turun. Dan itu tidak berlangsung lama, sekitar tidak sampai 10 menit, hanya enam menit," ujar Apip.

Kepolisian langsung mengambil langkah persuasif. Apip mengaku langsung turun ke lokasi. Massa pun membubarkan diri secara tertib. "Tidak ada aksi anarkis, saya juga langsung datang sendiri dan memohon kepada massa segera pulang. Mereka langsung pulang dengan tertib dan tidak ada sama sekali pengrusakan," katanya. 

Apip mengatakan, saat didatangi massa rumah Mahfud MD terlihat kosong. Ibu Mahfud juga tidak ada. "Memang itu rumahnya beliau, tapi tidak ditempati oleh beliau dan ibunda beliau tidak ada di situ. Jadi, memang rumah kosong yang ada penjaganya. Memang tertutup dan tidak ada orang keluar karena memang tidak ada orang," ucapnya. 

Diberitakan sebelumnya, video massa menggeruduk rumah Mahfud MD di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, beredar di media sosial. Dalam video terlihat massa turun dari sebuah truk. Di video lain, terlihat sekumpulan orang mengerumuni sebuah rumah sambil berteriak-teriak. Perekam video bersuara, "Rumahnya Mahfud MD yang di Pamekasan digerebek massa." (ase)