Lokasi Longsor di Deli Serdang Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Longsor di Kabupaten Deli Serdang, Jumat dini hari, 4 Desember 2020.
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution.

VIVA - Longsor terjadi dan menutup ruas jalan atau jalur lintas Medan-Berastagi, Kabupaten Deli Serdang, Jumat dini hari, 4 Desember 2020. Namun, tadi siang sudah berhasil dibersihkan material longsor dan dapat dilalui kendaraan bermotor.

"Pada hari ini sudah selesai untuk pengerjaan pembersihan dan pembukaan jalur Medan-Berastagi. Kita sudah uji coba dengan sepeda motor dan beberapa kendaraan, sudah mulai lancar," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Medan, AKBP Sonny W Siregar, Jumat sore, 4 Desember 2020.

Untuk membersihkan material longsor, Bina Marga setempat menurunkan alat berat dibantu kepolisian. Namun, tetap dilakukan pemantauan di lokasi oleh aparat kepolisian untuk mengantisipasi longsor susulan.

Baca juga: Tebing Setinggi 400 Meter di Garut Longsor, 7 Rumah Rusak

Sonny juga mengimbau pengendara untuk tetap berhati-hati lantaran masih rawan longsor susulan. Dengan itu, tetap waspada dan berhati-hati untuk melalui lokasi tersebut.

"Kita harus berhati-hati karena di beberapa titik yang tadi longsor masih ada pohon yang sudah miring dan siap-siap untuk tumbang, kita mengupayakan untuk langsung kita tebang," katanya.

Sonny menjelaskan, lokasi longsor tepat berada di tikungan dan bagian tebing runtuh.

"Dan tebing yang curam sekali pas di tikungan PDAM Tirtanadi sangat rawan sekali. Sehingga kami tetap berjaga-jaga di sini, apabila sewaktu-waktu ada apa-apa," katanya.

Saat ini, cuaca di lokasi, lanjut Sonny, sedang mendung dan diperkirakan masih akan turun hujan. "Kami imbau pengendara tetap ambil (jalan) alternatif," katanya.

Sebelumnya, banjir juga melanda di tiga daerah di Sumatera Utara, yakni Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang. Musibah bencana alam dampak hujan deras dan meluapnya air sejumlah sungai, pada Kamis malam, 3 Desember 2020.

Akibatnya ribuan rumah warga terendam banjir. (art)