Sedikitnya 5 Orang Tewas di Banjir Medan, Ada yang Masih Hilang

Banjir di Medan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian dua korban yang dinyatakan hilang akibat banjir di Tanjung Selamat, Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara. Termasuk juga di wilayah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu 5 Desember 2020.

Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus menjelaskan, dua orang yang hilang di Tanjung Selamat masing-masing bernama Imanuel Jonatan Sihaloho (2) dan Herman Asmen (48). 

“Pencarian dilakukan mulai dari jembatan perumahan De Flamboyan menuju hilir sungai. Sekitaran pinggiran sungai juga tidak luput dilakukan pencarian, dikhawatirkan bilamana korban tersangkut di darat yang diakibatkan luapan air sungai tersebut. Namun hingga saat ini korban belum ditemukan,” kata Sariman.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis mengungkapkan, dalam musibah bencana alam ini, lima korban korban meninggal dunia sudah diidentifikasi dan dimakamkan oleh pihak keuarga.

Lima korban meninggal itu yakni seorang anak, 3 perempuan dan 1 pria. Seorang korban luka masih dirawat di rumah sakit. Sementara korban yang masih hilang masih dicari.

“Dari temuan Basarnas ada 5 meninggal dunia dan sudah dimakamkan, tinggal satu lagi yang hilang. Hari ini Basarnas bekerja mulai pukul 07.00 WIB tadi selesai pukul 18.00 WIB setiap hari sampai kita temukan satu lagi. SOP-nya tujuh hari, kalau tujuh hari tidak dapat, dinyatakan hilang,” tutur Riadil.

Di sisi lain, warga Tanjung Selamat dibantu sejumlah aparat membersihkan sisa-sisa material dan lumpur terbawa saat banjir terjadi. Saat ini 343 pengungsi masih bertahan di Balai Desa Tanjung  Selamat dan di Markas Arhanudse Tanjung Selamat.  

“Pengungsi lain ada di kantor BPBD Sumut semalam sampai 700 orang, tapi menjelang malam sudah pulang semua karena air mulai surut semalam. Binjai juga ada pengungsi 3.343 itu juga sudah pulang. Di Medan 3.000 lebih, sebagian sudah pulang. Yang belum pulang di Tanjung Selamat karena rumah mereka masih tergenang,” lanjut Riadil.

Banjir di kawasan Tanjung Selamat sudah mulai surut. Namun genangan masih terlihat di beberapa titik. Warga bersama personel TNI, BPBD dan aparat terkait lainnya masih melakukan pembersihan di lokasi.