Vaksin COVID-19 Disimpan di Bio Farma, Selanjutnya Diuji BPOM

Vaksin COVID-19 sebanyak 1,2 juta dosis saat tiba di Bandara Soetta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras

VIVA – Vaksin COVID-19 buatan Sinovac China, yang tiba di Bandara Soekarno Hatta Tangerang pada Minggu malam kemarin, langsung dibawa ke Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari gudang terminal kargo Bandara Soekarno-Hatta, vaksin itu dikemas dalam 7 envirotainer. Semuanya diangkut menggunakan tiga truk. Pada Senin dini hari tadi, 7 Desember 2020, semuanya diangkut ke Bio Farma. Pengangkutan ini dikawal ketat oleh aparat keamanan.

Dalam keterangan pers Sekretariat Presiden, vaksin COVID-19 tersebut tiba di Bio Farma Bandung sekitar pukul 03.45 WIB melalui perjalanan selama 3 jam. 

Baca juga: Vaksin Corona Sinovac Tiba, Didoakan Aman Medis Jauh dari Korupsi

Setelah tiba, vaksin kemudian dipindahkan dari envirotainer dan selanjutnya disimpan di ruang pendingin dengan suhu 2-8 derajat celcius. Sebelumnya, ruang penyimpanan itu memang sudah steril untuk disiapkan buat vaksin COVID-19.

Selanjutnya, vaksin tersebut akan diambil sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma. Sebelumnya Presiden Jokowi sempat mengatakan, walau vaksin sudah tiba tetap harus melalui berbagai tahapan sebelum disuntik ke masyarakat.

"Setelah mendapatkan izin dari BPOM, baru kita lakukan vaksinasi. Kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah ilmiah ini juga saya sudah sampaikan, wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi," ucap Presiden Jokowi. (ren)