Dokter Dante Saksono Wamenkes, Ahli Diabetes Molekuler Pertama RI

Dante Saksono Harbuwono
Sumber :
  • Ist

VIVA – Presiden Joko Widodo menunjuk Dante Saksono Harbuwono jadi Wakil Menteri Kesehatan mendampingi Menteri Kesehatan yang baru, Budi Gunadi Sadikin. Dante merupakan dokter pengajar sekaligus peneliti.

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 itu pernah bertugas sebagai anggota tim dokter kepresidenan Republik Indonesia. Dante merupakan seorang dokter spesialis kelenjar (endokrinologi). Dia menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Umum Universitas Indonesia pada tahun 1997.

Dante menamatkan pendidikan spesialis penyakit dalam di universitas yang sama pada tahun 2004. Selanjutnya, dia meraih gelar PhD setelah menyelesaikan pendidikan di bidang Molecular Diabetes di University of Yamanashi, Jepang. 

Setelah menyelesaikan program PhD dalam 3 tahun dan menjadi ahli diabetes molekuler pertama di Indonesia, ia melanjutkan pendidikan sub spesialis untuk menjadi konsultan endokrin, metabolik, dan diabetes di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Selain itu, Dante merupakan Ketua Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ketua himpunan studi obesitas Indonesia (HISOBI), Ketua klaster Metabolic, Vascular and Aging Research Center Indonesian Medical Education and Research Institute FKUI (IMERI FKUI). Selain menjabat dalam jajaran struktural dan fungsional, Dante juga aktif sebagai pembicara di berbagai simposium dalam dan luar negeri.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi hari ini melantik 5 wakil menteri (wamen) baru di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara pada Rabu, 23 Desember 2020. Pelantikan bersamaan dengan pelantikan 6 menteri baru kabinet hasil reshuffle. (ren)