Pesan Bambang Sunarwibowo saat Libur Natal dan Tahun Baru

Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Pol Bambang Sunarwibowo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Pol Bambang Sunarwibowo meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 menjelang libur natal 2020 dan tahun baru 2021.

Bambang mengatakan, klaster-klaster baru penularan COVID-19 harus dihindari dengan mematuhi protokol kesehatan khususnya di masa libur akhir tahun ini. Meski, libur akhir tahun ini telah dipangkas oleh pemerintah.

“Libur akhir tahun ini sudah dipangkas oleh pemerintah, untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Artinya masyarakat juga terap harus patuh dengan protokol kesehatan meski libur akhir tahun ini dipangkas,” kata Komjen Pol Bambang Sunarwibowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 23 Desember 2020.

Komjen Bambang mengatakan BIN telah mendeteksi dini adanya ancaman klaster baru di hari libur akhir tahun. Bambang mengingatkan bahwa klaster-klaster baru penularan COVID-19 ada beberapa yang perlu diantisipasi seperti klaster tempat wisata hingga klaster keluarga.

Jenderal bintang tiga ini berkaca pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad dimana lonjakan kasus COVID-19 cukup tinggi berdasarkan catatan dari Satgas COVID-19.

“Klaster-klaster tempat wisata, klaster di transportasi, klaster keluarga itu harus menjadi perhatian khusus. Jaga diri dan jaga keluarga kalian,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bambang meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker). Bambang berharap masyarakat yang menikmati libur akhir tahun, tetap aman dari penularan COVID-19.

“Kunci utama adalah terapkan 3M. Meski liburan tapi tetap harus aman, harus menjaga diri. Inilah cara kita untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” katanya.

Baca juga: Libur Nataru, Menteri PAN-RB Perketat PNS Cuti dan Keluar Kota