Pesantren Ngruki Bersiap Sambut Abu Bakar Ba'asyir, Pakai ID Khusus

ID Khusus penyambutan Ustaz Abu Bakar Ba'asyir.
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVA.

VIVA – Sejumlah tamu mulai berdatangan untuk menyambut kedatangan Abu Bakar Ba'asyir di Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Jumat, 8 Januari 2021. Hanya saja tamu yang bisa masuk tak sembarangan, mereka harus memiliki kartu tanda pengenal khusus yang dikeluarkan pihak keamanan ponpes.

Pantauan VIVA, para tamu mulai berdatangan ke Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki sejak pukul 07.30 WIB. Para tamu yang menyambut Abu Bakar Ba’asyir diperbolehkan masuk hanya dari para alumni, Dewan Syariah Kota Surakarta dan pengajar Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki.

Baca juga: BTN Optimis Kinerja 2021 Tetap Moncer, Laba Dipatok Rp2,8 Triliun

"Jumlah tamu yang masuk itu dari alumni 20 orang, DSKS 30 orang dan internal pondok ada 20 orang," kata juru bicara Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono, Jumat, 8 Januari 2021.

Para tamu tersebut, disebutkan dia, dibekali kartu tanda pengenal khusus yang dikeluarkan pihak keamanan ponpes. Mereka yang akan masuk ke ponpes harus menunjukkan tanda pengenal tersebut, jika tidak maka tidak diperbolehkan masuk.

"Yang tidak bawa tidak boleh masuk, siapapun mereka karena ini terbatas, " ucapnya.

Apalagi pihak Ponpes Islam Al Mukmin Ngruki tidak menggelar acara khusus untuk penyambutan Ba'asyir. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan orang.

"Tidak ada acara penyambutan karena masih dalam masa pandemi," ujar Endro. (ase)