Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Ekonom Indef Proyeksikan Ekonomi RI 2021 Cuma Tumbuh 3 Persen

Jumat, 8 Januari 2021 | 15:11 WIB
Foto :
  • VIVAnews/Fernando Randy
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

VIVA – Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J Rachbini mengungkapkan catatan awal kondisi 2021. Dia menilai ada masalah berat dalam kebijakan pemerintah mengatasi pandemi COVID-19, yang akan berdampak krusial bagi ekonomi nasional.

Didik mengatakan, pada dasarnya ekonomi Indonesia sudah mulai berjalan dengan baik. Ditandai dengan kontraksi ekonomi yang mulai mengecil sejak kuartal III-2020 sebesar minus 3,49 persen dari kuartal II-2020 yang jatuh hingga minus 5,32 persen secara tahunan.

Baca Juga

Baca jugaBank Indonesia Rombak 135 Ketentuan Sistem Pembayaran

"Pertumbuhan negatif yang semakin kecil memberikan indikasi bahwa perekonomian berjalan lebih baik, tetapi bukan berarti sudah terjadi proses pemulihan menuju pertumbuhan positif," kata Didik dikutip dari keterangannya, Jumat, 8 Januari 2021.

Meski kondisi itu mulai membaik, akar masalah dan asal muasal dari resesi serta krisis ekonomi Indonesia, menurutnya, belum juga membaik. Yaitu pandemi COVID-19 yang juga tidak surut penyebarannya, bahkan kasus positif harian hampir tembus 10 ribu.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler