Wadah Pegawai KPK Nilai Tepat Jokowi Ajukan Komjen Listyo Cakapolri

Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah)
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pilihan Presiden Joko Widodo kepada Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi calon kapolri baru atau cakapolri sangat tepat.

"Pilihan Presiden ke Bang Sigit merupakan pilihan tepat, karena selama ini memang beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional," kata Ketua WP KPK, Yudi Purnomo Harahap, kepada awak media, Rabu, 13 Januari 2021. 

Yudi menerangkan, bukti Listyo sebagai polisi reformis dan profesional adalah kesuksesan kabareskrim ini dalam menangani kasus-kasus korupsi besar. Sigit pun meyakini Kepolisian RI nantinya bisa semakin maju di bawah kepemimpinan Listyo Sigit Prabowo.

“Kami berharap bahwa kerja sama kepolisian dan KPK semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," kata Yudi.

Diwartakan sebelumnya, Presiden Jokowi mengajukan Listyo sebagai cakapolri tunggal untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021.

DPR pun telah menerima surat presiden terkait nama calon kapolri pada Rabu, 13 Januari 2021.

Selanjutnya, Listyo pekan depan akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR sebelum DPR memberi persetujuan atas nama calon yang diajukan Presiden.