Innalillahi, Irjen (purn) Untung S Rajab Meninggal Dunia

Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Untung S Rajab
Sumber :
  • VIVAnews/Tommy Adi Wibowo

VIVA – Kabar duka datang dari institusi Polri. Mantan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal polisi (purn) Untung S Rajab meninggal dunia, Kamis, 14 Januari 2021. Almarhum Untung meninggal pada usia 66 tahun.

Informasi meninggalnya Untung disampaikan Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri Komisaris Besar Ade Ary. Ade menuliskan kabar itu di status WhatsApp. Ade Ary diketahui pernah menjadi salah satu ajudan Untung saat menjabat Kapolda Metro Jaya tahun 2012.

Innalillahi wa innalillahi ro’juin. Semoga husnul khotimah. Aamin YRA. Kami sekeluarga turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Irjen (purn) Dr. H Untung Suharsono Rajab. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan kesalahannya , menerima amal ibadahnya serta memberikan tempat di surga nya,” tulis Ade Ary.

Untung S Rajab dilahirkan di Medan, namun tumbuh dan besar di Surabaya. Catatan karier kepolisiannya juga banyak dihabiskan di wilayah hukum Polda Jatim. Dia pernah menjadi Komandan Provost Polwiltabes Surabaya, Wakapolres Surabaya Selatan, dan juga Kapolwil Besuki. Selain itu, ia pernah pula berkediaman di Gayungsari, Surabaya.

Sejak mendapat pangkat Brigadir Jenderal, Untung tercatat pernah memimpin dua polda sebelum naik ke Jatim. Dia pernah ditugasi sebagai Kapolda DIY dan Kalsel. Pada Oktober 2010, posisinya sebagai orang nomor satu di Polda Kalsel digantikan Brigjen Syafruddin, mantan ajudan Wapres RI dan Wakapolda Sumut. Lepas dari Banjarmasin inilah, dia akhirnya naik sebagai bintang dua dikarenakan mendapat tugas sebagai Widyaiswara Utama (dosen utama) di Sespim Lemdikpol.

Untung merupakan Kapolda dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah Polda Jatim dengan hanya menjabat sekitar 3,5 bulan. Pada tanggal 30 Juni 2011 sesuai dengan Telegram Rahasia (TR) Kapolri, mantan Karo Renmin Bareskrim Polri ini dipindah ke Polda Metro Jaya menggantikan Sutarman yang naik sebagai Kabareskrim. Posisinya di Polda Jatim kemudian diisi oleh mantan Kapolda Bali, Irjen Pol Hadiatmoko.

Pada 26 Oktober 2012 sesuai dengan TR (Telegram Rahasia) Kapolri, Untung Radjab dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri guna persiapan pensiun. (ase)