25 Relawan Vaksin Sinovac Positif COVID-19

Vaksinasi COVID-19.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA - Sebanyak 25 relawan uji klinis fase III vaksin COVID-19 Sinovac dinyatakan positif virus corona alias COVID-19. Dua puluh lima orang itu terdiri dari 18 penerima plasebo dan tujuh orang dua penerima vaksinasi.

Ketua tim uji klinis, Kusnandi Rusmil, menjelaskan relawan tersebut diduga tertular dari kegiatan umumnya.

"Untuk uji klinis kemarin itu kan ada yang dapat vaksin, ada yang dapat plasebo. Nanti dilihat berapa yang sakit dapat vaksin, berapa yang sakit dapat plasebo, Dari hasil kemarin yang dapat vaksin yang sakit (terpapar COVID-19) tujuh, yang dapat plasebo 18 (relawan)," ujarnya di Bandung, Senin, 18 Januari 2021.

Hasil peninjauan menunjukan relawan yang terpapar termasuk dalam kategori ringan.

"Karena kan yang ikut uji klinis banyak yang ke mana-mana, dan boleh ke mana-mana. Kita tetap kontrol dan dia kalau ada gejala di-swab sama kita. Tapi sebagian besar itu bergejala ringan dan enggak dirawat," ujarnya.

Baca juga: Testimoni Para Penerima Vaksin COVID-19 Sinovac Perdana di Jawa Barat

Menurutnya, relawan yang disuntik tengah menjalani perawatan. "Yang diuji klinis itu boleh ke mana-mana, enggak ada yang dilarang sehingga dia mempunyai kesempatan dapat penyakit sama dengan normal," katanya.

Dia menyampaikan nanti bisa dilihat berapa yang sakit dapat vaksin dan berapa yang sakit dapat plasebo. Dari data yang ada, jumlah yang mendapat vaksin kemudian sakit 7 orang, dan yang dapat plasebo 18.

"Kan yang diuji klinis ada 1.620 relawan artinya 8.810 per tiap-tiap kelompok jadi yang dapat vaksin itu 7/810 berapa persen. 18/810 berapa persen. Nanti dilihat perbandingannya berapa jadi hasil itu berapa dikali 100 persen hasilnya segitu (65 persen)," katanya. (ase)