Puluhan Penghuni Panti Asuhan Katolik di Depok Terpapar COVID-19

Simulasi Vaksinasi COVID-19 di Depok
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Sejumlah penghuni panti asuhan Katolik yang terletak di Jalan Kamboja, Depok, Jawa Barat, terkonfirmasi positif COVID-19. Kompleks panti asuhan itu ditutup untuk sementara.

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, kabar kejadian itu baru diterima oleh Satgas pada Senin, 18 Januari 2021.

“Kami juga sudah melakukan screening yang terpapar, misalnya ada yang positif dan juga reaktif pada saat rapid test antigen dilakukan swab PCR dan difasilitasi oleh kita untuk memastikan terkait dengan kondisi penularan COVID-19,” katanya pada Selasa.

Dadang mengaku juga sudah menjamin kebutuhan logistik penghuni yayasan itu. Pengelola Yayasan pada dasarnya sudah siap, tetapi pemerintah tetap akan membantu.

Semua yang di dalam panti asuhan itu dipantau oleh puskesmas setempat. Kompleks panti sekalian dijadikan tempat isolasi mandiri bagi mereka yang terjangkit.

Berdasarkan hasil rapid test antigen yang dilaporkan, ada 40 anak dan seorang pengasuh terkonfirmasi positif COVID-19. Menurut informasi yang didapat sementara, mereka diperkirakan terpapar dari pekerja bangunan.

"Karena informasi dari pengurus bahwa ada renovasi bangunan. Ternyata hasil PCR-nya terhadap dua pekerja tersebut dinyatakan positif,” ujarnya.

Untuk memastikan kondisi para penghuni panti itu, tim Satgas akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan metode swab PCR yang hasilnya akan dibawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah.