Yang Dirasakan Mendagri Tito Usai Disuntik Vaksin COVID-19

Mendagri Tito Karnavian Saat Disuntik Vaksin COVID-19
Sumber :
  • Humas Kemendagri

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, secara resmi telah disuntik vaksin COVID-19 pada Rabu ini, 20 Januari 2021.

Vaksinasi yang dilakukan terhadap mantan kapolri itu, bersama-sama dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, di Ruang MCU, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. 

Seperti ada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, juga diberikan suntik vaksin CoronaVac dari Sinovac Biotech Ltd China, yang bekerja sama dengan Bio Farma. 

"Pada hari ini hari Rabu tanggal 20 Januari 2021, Alhamdulillah kami bertiga turut melaksanakan vaksinasi di RSPAD bersama dengan Bapak Mendes PDTT dan juga Bapak Wamen KLH, vaksinasi telah dilaksanakan," kata Tito. 

Baca juga: UI Ciptakan Alat Bantu Pernapasan Pasien COVID-19, Diklaim Non-invasif

Usai divaksin, Tito mengapresiasi tenaga kesehatan yang telah memberikan vaksinasi. Tito juga menyampaikan proses vaksinasi berjalan lancar, dan memohon doa untuk kekebalan sistem imun dalam menghadapi COVID-19. 

“Terima kasih kepada tim, karena jujur saja bagi saya tidak terasa apa-apa, canggih memang yang nyuntik, dan kondisi kita juga dinyatakan baik, dilakukan observasi, setelah itu 30 menit dinyatakan juga stabil dan mohon doanya supaya antibodinya bisa diproduksi oleh kekebalan tubuh, sehingga bisa kebal terhadap COVID-19," jelasnya.

Meskipun demikian, meski telah dilakukan vaksinasi, Tito meminta semua pihak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Mendagri meminta masyarakat tak mengendurkan disiplin terhadap bahaya penularan virus ini.

"Tapi jangan lupa, tetap dalam situasi seperti ini kita menerapkan 4M, memakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata Tito.

Tito masih akan menerima vaksinasi tahap selanjutnya. Mantan kapolda Metro Jaya ini dijadwalkan menerima vaksin dosis kedua pada 3 Februari 2021.