Ridwan Kamil Datangi Tasikmalaya, Daerah Bandel Prokes COVID-19

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adi Suparman.

VIVA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meninjau penegakkan protokol kesehatan COVID-19 di Kabupaten Tasikmalaya pasca ditetapkan sebagai daerah paling abai dalam mentaati protokol yaitu tidak menggunakan masker.

"Untuk memastikan penanganan COVID-19 berlangsung dengan baik, secara umum kasus masih terkendali di Kabupaten Tasikmalaya hanya hasil survei seminggu kemarin media paham tingkat kedisiplinan memakai masker masuk kategori terendah se-Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil, Rabu, 20 Januari 2021.

Menurutnya, kategori tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk berperan aktif dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 menjelang vaksinasi.

"Kami hadir di sini menyemangati karena memang karakter (pelanggaran) kabupaten Tasikmalaya itu ada di desa. Jadi mungkin kalau kita lihat alun-alun relatif kepatuhan tinggi," katanya.

Baca juga: Wali Kota Depok Protes ke Ridwan Kamil soal Tingkat Kepatuhan Prokes

Menurutnya, kurang memperhatikan penggunaan masker kebanyakan terjadi di pedesaan dan hal tersebut harus menjadi peringatan keras.

"Saya titip di desa yang mayoritas. Kami melihat di pusat (kabupaten) relatif baik bukan karena kami datang menggunakan masker, tapi memang karena kesadaran kedisiplinan dalam infeksi masih ada cara menggunakan masker keliru," katanya.

Ridwan Kamil juga meminta masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk berperan aktif menyambut vaksin COVID-19 Sinovac.

"Saya titip agar proses vaksinasi harus lancar, vaksin akan datang ke kabupaten di hari Jumat masuk sebagai tahap II. Belajar dari plus minus di tahap I akan kita jadi perbaikan di tahap II," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan daerah paling konsisten dan disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan COVID-19. Bahkan, Ridwan Kamil juga menyebutkan nama daerah paling bandel meremehkan protokol kesehatan COVID-19.

Menurutnya, kategori tersebut berdasarkan laporan dari Satpol PP dan TNI-Polri di lapangan dengan penekanan pada sejauh mana masyarakat menggunakan masker dan menjauhi kerumunan.

Ridwan Kamil mengungkapkan daerah paling bandel dalam penegakan protokol kesehatan COVID-19 yaitu Kabupaten Tasikmalaya.

"Yang paling tidak patuh menggunakan masker Kabupten Tasikmalaya. Yang bisa patuh menjaga jarak jatuh kepada kota bekasi, jadi dinilai paling disiplin walau belum sempurna tapi paling disiplin dibanding yang lain," katanya.