PPKM Diperpanjang Sampai 8 Februari, Mal Buka Sampai Jam 8 Malam

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

VIVA – Pemerintah kembali memberlakukan pembatasan kegiatan di wilayah Jawa dan Bali. Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) itu berlaku kepada 73 kabupaten/kota sampai 8 Februari 2021.

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, mengatakan keputusan itu atas permintaan Presiden Jokowi.

"Pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari tanggal 26 sampai tanggal 8 Februari dan nanti pak Mendagri akan mengeluarkan instruksi Mendagri dan diharapkan masing-masing gubernur bisa mengevaluasi berdasarkan parameter tingkat kesembuhan di bawah nasional, kematian di atas nasional, dan positivity rate di atas nasional, dan BOR di atas nasional," kata Airlangga di Kompleks di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 21 Januari 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu mengatakan, ada perubahan dari pembatasan dari aturan sebelumnya. "Di mana mal dan restoran yang dalam pembatasan kemarin maksimal jam 7. Karena ada beberapa daerah yang agak flat, maka ini diubah menjadi sampai dengan jam 8 malam," kata dia.

Baca juga: Rupiah Menguat Dipengaruhi Prospek Ekonomi Dunia

Sementara, pemerintah tetap memberlakukan kegiatan kerja atau aktivitas perkantoran hanya bisa berkapasitas 25 persen.

"75 persen WFH, belajar mengajar tetap secara daring, sektor esensial termasuk industri tetap 100 persen beroperasi, pusat belanja mal sampai dengan jam 8, dan dine in 25 persen, take away diizinkan, kegiatan lain konstruksi tetap berjalan, kegiatan ibadah 50 persen, fasilitas umum ditutup, transportasi diatur oleh masing- masing pemda," ujarnya.