Cara Beda Polres Tulungagung Amankan Libur Imlek

Polres Tulungagung gunakan TMC Mobile untuk pantau arus libur imlek
Sumber :
  • dok Polri

VIVA – Guna mendukung program 100 Hari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mentransformasi menuju Polri yang PRESISI atau Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadlian, jajaran Polres Tulungagung terus melaksanakan pembenahan, serta berbagai inovasi khususnya di bidang pelayanan publik dan teknologi informasi. 

Implementasi program prioritas Kapolri, Polres Tulungagung melaksanakan pengamanan dan pemantauan arus lalu lintas di TMC Mobile

Traffic Management Center yang sudah ada di tempat lain statis di Polda maupun Polda, berbeda dengan Polres Tulungagung membuat TMC ini bisa berpindah-pindah karena bertempat di truk yang sudah dimodifikasi,” kata Kapolres Tulungagung, AKBP Handono kepada wartawan, Jumat, 12 Februari 2021.

Kasat Lantas Polres Tulungagung, AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, pelayanan dari Satlantas Polres Tulungagung bisa berjalan dinamis menyesuaikan lokasi yang membutuhkan kehadiran TMC mobile tersebut, misalnya di hari libur perayaan Imlek.

“Polri memberikan rasa aman dalam pengamanan pemantauan arus lalu lintas sembari memberikan imbauan patuh protokol kesehatan serta membagikan masker gratis,” kata Aristianto.

Dengan hadirnya TMC mobile, diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pengguna jalan dalam pemantauan arus long weekend ini, tertib berlalu lintas dan tertib dalam mematuhi protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi. 

Dengan adanya TMC mobile ini juga dapat mempermudah jajaran Polantas untuk mendeteksi bila ada kejadian laka lantas. Selain itu, jajarannya juga dapat memanfaatkan solokan Public Safety Center (PSC) Untuk mempercepat komunikasi dengan pihak rumah sakit bila terjadi laka lantas.

“Penanganan laka lantas yang ada di Polsek Jajaran, sehingga apabila ada kejadian laka, petugas Polsek dapat dengan cepat mendatangi TKP serta melaksanakan koordinasi dengan Rumah Sakit dengan memanfaatkan Aplikasi Public Safety Center (PSC) untuk percepatan Informasi antar Instansi dan ambulans, karena PSC ini juga sesuai dengan Program Prioritas Kapolri tentang perubahan teknologi kepolisian modern police 4.0, serta Aplikasi E-Turjawali dalam kegiatan Dinas patroli Sehari-hari,” katanya.

Baca juga: Korlantas Polri Beberkan Faktor Landainya Arus Mudik Libur Imlek