Korban Banjir di Kota Tangerang Bakal Jalani Swab Test COVID-19

Salah satu tempat pengungsian banjir di Kota Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA – Banjir yang melanda sejumlah wilayah saat pandemi COVID-19, membuat pemerintah harus juga mengantisipasi adanya lonjakan kasus aktif COVID-19.

Salah satu seperti yang akan dilakukan pemerintah Kota Tangerang, yakni dengan menggelar swab test PCR kepada para korban banjir, khususnya bagi para pengungsi.

"Rencananya, bersama Dinas Kesehatan juga di tempat pengungsian kita instruksikan untuk melakukan swab, mengantisipasi supaya mereka yang sehat jangan sampai terpapar dengan yang OTG (orang tanpa gejala)," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat melakukan pemantauan di GOR Total Persada, Minggu, 21 Februari 2021.

Baca juga: Titik Banjir di Jalanan Jakarta Pagi Ini

Lanjut dia, pihaknya juga menginstruksikan pimpinan wilayah untuk sebisa mungkin meminimalisir kerumunan pengungsi, seperti dengan memperbanyak lokasi posko pengungsian dengan memanfaatkan sarana prasarana yang ada.

"Saya sudah instruksikan camat untuk memakai semua fasilitas yang tersedia dulu kan kalau di total Persada yang utama ini kan gor tapi kalau kita lihat sekolah yang dipakai itu baru sedikit," ujarnya.

Ia pun meminta para camat yang wilayahnya tergenang banjir untuk melakukan mekanisme-mekanisme untuk para pengungsi agar tidak berkerumun. 

"Di Kota Tangerang sekolah kan banyak, kita instruksikan semua ruangan kelas difungsikan minimal 1 keluarga satu kelas supaya tidak berkumpul dengan keluarga yang lain," ungkapnya.