Manggarai Barat Dapat 10.000 Vial Alat Rapid Test Antigen

Ilustrasi petugas menunjukkan hasil negatif pada alat pemeriksaan cepat (rapid test)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aji Styawan

VIVA –  Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur mendapat bantuan 10.000 vial alat rapid antigen dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengatasi penyebaran COVID-19 di daerah ini.

"Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat telah menerima bantuan 10.000 vial alat rapid test antigen untuk mendukung penanganan COVID-19," kata Wakil Bupati terpilih Manggarai Barat, Yulianus Weng ketika dihubungi di Kupang, Jumat.

Dalam Pilkada 2020 Edistasius Endi dan Yulianus Weng berhasil terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat priode 2021-2024 dan akan dilantik Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat pada Jumat (26/2) sore.

Yulianus Weng mengatakan hal itu terkait upaya Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam penanganan penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan, bantuan vial alat rapid test antigen digunakan tim gugus tugas penanganan COVID-19 dalam melakukan tracing terhadap warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Termasuk untuk melakukan tracing terhadap warga yang mengalami gejala ispa," tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mengharapkan dengan adanya alat vial rapid test bisa mengetahui jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 secara akurat di kabupaten ujung barat pulau Flores itu.

Menurut dia, Pemerintah Manggarai Barat sangat senang apabila hasil tracing jumlah kasus meningkat, sehingga memudahkan pemerintah dalam melakukan pengendalian penyebaran kasus COVID-19.

Berdasarkan data pada Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat hingga 24 Februari 2021 ada 483 kasus dan yang telah dinyatakan sembuh 329 orang. (ant)

Sementara dalam perawatan medis dan karantina ada 137 orang serta meninggal dunia akibat terpapar virus corona sebanyak 17 orang. (ant)