Menteri LHK Beri Solusi Kelola Sampah Sekaligus Tingkatkan Ekonomi

Menteri LHK Siti Nurbaya saat berkunjung ke Mojokerto, Jawa Timur.
Sumber :
  • Dok. Kementerian LHK.

VIVA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya memberikan solusi untuk mengatasi masalah sampah sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Bangun, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Menurutnya, langkah nyata yang bisa dilakukan segera adalah menyiapkan fasilitas pusat daur ulang yang akan menyerap tenaga kerja.

"Juga menyiapkan masyarakat membangun bank sampah bagi lebih kurang 800-1.000 KK," kata Siti melalui siaran persnya, Sabtu, 27 Februari 2021.

Siti menilai jumlah bank sampah yang dibangun antara 3-4 unit. Dia pun meminta jajarannya untuk melakukan pelatihan virtual kepada warga.

"Kita harus bekerja cepat untuk masyarakat, sesuai arahan bapak presiden," kata dia.

Baca juga: Teknologi Ini Bantu Menyelamatkan Bumi

Untuk peningkatan ekonomi lainnya, dia pun mendukung pengembangan usaha produktif masyarakat seperti ekowisata fishing farm, budidaya ikan lele, dan lain-lain. Siti menyampaikan bahwa Desa Bangun tersebut sangat strategis dan bisa menjadi desa pusat pertumbuhan.

"Karena dia berada betul-betul di wilayah kota atau urbanized rural," ujarnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya bersama sejumlah pejabat di kementeriannya mengunjungi Desa Bangun, Mojokerto, Jawa Timur, pada Jumat, 26 Februari 2021. Mereka juga berencana melihat situs arkeologis dan antropologis Trowulan dan Kumitir di kota tersebut.