Canda Sekjen PBNU: Ahok Enggak Ngapa-ngapain tapi Masuk Bursa Capres

Ahok.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmy Faishal Zaini mengaku heran dengan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap tidak pernah kerja turun ke masyarakat, tapi selalu masuk dalam survei bursa calon presiden (capres) pada pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Helmy saat acara Milad 9 Tahun Pesantren Motivasi Indonesia (PMI) asuhan KH. Ahmad Nurul Huda melalui virtual pada Minggu, 28 Februari 2021.

Dalam acara itu, hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; Basuki Tjahaja Purnama (Komisaris Utama Pertamina); KH. Drs. Agus Salim (Ketua LD-PBNU); KH. Ahmad Nurul Huda Haem (Pengasuh Pesantren Motivasi Indonesia) dan Romo Antonius Antara (Paroki Cikarang Gereja Ibu Theresa).

"Yang terhormat ada Pak Ahok, sehat-sehat ya Pak Ahok. Enggak ngapa-ngapain tapi surveinya naik terus ini Pak Ahok," kata Helmy dikutip dari YouTube PMI TV pada Senin, 1 Maret 2021.

Sedangkan, Helmy yang aktif sebagai Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kerap turun ke masyarakat malah tidak pernah masuk dalam survei bursa pencalonan presiden maupun wakil presiden pada Pemilu 2024. Namun, ia menyebut hal ini hanya sebagai guyonan belaka.

"Kita yang ngapa-ngapain, enggak pernah masuk survei. Becanda-becanda," ujarnya.

Mendengar pernyataan itu, Ahok kaget karena Sekretaris Jenderal PBNU malah berbicara soal politik. Padahal, agendanya adalah peringatan Milad 9 Tahun Pesantren Motivasi Indonesia secara virtual. "Waduh, jadi politik. Pak Helmy enggak hilang-hilang dari politiknya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Namun, Ahok menegaskan sudah tidak mau lagi berkecimpung ke dalam dunia politik. Saat ini, ia ingin fokus melakukan bisnis saja. Kita tidak main politik lagi Pak, dagang saja sudah," jelas Ahok.

Baca juga: Hasil Survei Capres oleh LSI: Prabowo, Ganjar dan Anies Teratas