300 Sopir dan Pedagang di Purwakarta Disuntik Vaksin Pekan Depan

Ilustrasi Vaksin Covid-19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pedagang pasar dan sopir angkutan kota (angkot) di Kabupaten Purwakarta dinyatakan telah terverifikasi sebagai penerima vaksinasi tahap II vaksin COVID-19 Sinovac. Mereka dijadwalkan menjalani vaksinasi secara serentak minggu depan.

"Pedagang dan sopir angkot sudah verifikasi data, rencananya akan dilaksanakan pada minggu depan terdapat sekitar 300 pedagang dan pengemudi angkutan umum yang akan menjalani vaskinasi," ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam keterangan persnya, Senin, 1 Maret 2021.

Menurutnya, vaksinasi kepada pedagang pasar dan sopir angkot dilaksanakan jika penyuntikan tahap II kepada PNS dan TNI Polri tuntas. "Pelaksanaannya setelah vaksinasi TNI, Polri dan para tenaga kependidikan dan guru," katanya.

Anne menekankan, semua orang harus tetap melakukan protokol kesehatan setelah vaksin karena masih berada di tengah pandemi. Apalagi, seseorang yang diklaim baru bisa mendapatkan kekebalan yang efektif setelah mendapat suntikan dosis kedua vaksin. 

"Vaksin bekerja untuk memanfaatkan respons tubuh melawan virus. Jadi, hindari tugas atau aktivitas apapun yang bisa mengganggu kinerja vaksin dalam tubuh setelah disuntikkan. Usahakan hindari stres, cukup tidur, tetap aktif secara fisik dan jaga pola makan," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Kita juga diberikan link khusus agar para medis bisa memantau perkembangan orang yang telah disuntik vaksin."